Hewan Menakjubkan Ini Hanya Ada di Afrika

Afrika adalah sebuah negara yang kerap disebut juga sebagai benua hitam ini dikenal sangat kaya akan keanekaragaman berbagai hayatinya. Mungkin di antara spesies hewan yang paling terkenal di Afrika sendiri seperti zebra dan juga jerapah, tapi faktanya ternyata masih banyak sekali fauna Afrika yang tidak kalah menakjubkan, contohnya para binatang endemik yang akan kita bahas berikut ini. Afrika adalah sebuah negara yang selalu identik dengan keindahan sabana dan juga kehidupan dari binatang-binatang liarnya seperti yang banyak dimunculkan di beberapa televisi. Begitu juga dengan apa yang ada di benak banyak orang ketika membayangkan benua afrika.

Hewan Menakjubkan Ini Hanya Ada di Afrika

Benar memang jika Afrika terdapat banyak taman nasional serta juga cagar alam, tapi Afrika juga sama seperti benua lainnya yang memiliki sebuah kehidupan modern. Ada juga bangunan-bangunan yang menyimpan sejarah sebuah besar yang patut untuk ditelusuri. Berdasarkan dengan fakta di lapangan ternyata masih ada banyak sekali fauna lainnya yang tidak kalah memukau. Dengan kondisi benua yang sebagian besar masih berbentuk rawa, savana, dan juga gurun tidak membuat banyak hewan sulit beradaptasi di benua yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa referensi dari tempat wisata yang ada di afrika untuk melihat berbagai macam jenis satwa endemik yang ada di Afrika.

1. Okapi

Okapi merupakan sebuah mamalia yang hidup di hutan hujan tropis di timur laut Republik Demokratik Kongo, Afrika Tengah. Yang paling menonjol dari binatang okapi adalah tanda belang-belang yang terdapat di bagian kaki depan dan belakang yang tampak seperti zebra. Walaupun begitu, ternyata okapi ini tidak mempunyai kekerabatan dekat dengan zebra. Tapi sayangnya hewan eksotis yang satu ini merupakan spesies yang sudah terancam punah karena kerusakan habitat dan tingginya angka perburuan.

2. Shoebill

Shoebill masuk ke dalam spesies burung unik karena paruhnya yang cukup besar dan tampak seperti sebuah sebuah sepatu. Shoebill adalah burung air yang berukuran cukup besar dan secara genetik sangat dekat dengan burung pelikan dan kuntul. Burung unik yang satu ini mempunyai tinggi rata-rata yaitu 1-1,4 meter dan mempunyai berat mencapai 4-7 kg. Yang menakjubkan lagi dari shoebill adalah mereka yang dapat hidup selama 35 tahun. Shoebill termasuk sebuah spesies rentan terhadap kepunahan karena, Habitat aslinya aslinya yang merupakan rawa rawa sekarang ini telah dialihfungsikan sebagai lahan pertanian dan juga perburuan hewan.

3. Monyet Guereza

Datang yang satu ini mereka mempunyai bulu berwarna hitam dan putih yang mengkilap, wajahnya dipenuhi rambut oleh berwarna putih dan memiliki sebuah ekor putih panjang dan besar. Guereza ini salah satu spesies yang hidup di hutan gugur dan juga di hutan hijau, daerah persebarannya sendiri meliputi Afrika Barat,Tengah dan huga Timur. Bobot mereka yang mencapai 13,5 kg dan hidup berkelompok ini terdiri dari 3-15 monyet. Guereza pada siang hari dan mereka biasanya akan menghabiskan sebagian hidupnya diatas pohon. Siang hari biasanya akan dimanfaatkan mereka untuk mencari sumber makanan dan juga mereka memakanan dedaunan, biji-bijian, buah dan arthropoda atau hewan berbuku-buku atau beruas seperti halnya serangga, laba-laba, udang dan lainya sebagai makanan utamanya.

4. Wildebeest

Wildebeest atau yang dikenal juga dengan nama genus adalah sebuah antelop Afrika terbesar. Populasi hewan ini terbesar yang ditemukan di Serengeti di Tanzania dan Kenya. Ada dua spesies wildebeest yaitu biru dan juga hitam. Ketika makanan dan sumber air di sana menjadi langka, wildebeest akan bermigrasi area atau ke tempat dimana mereka nantinya akan mendapatkan sumber makanan dan air yang melimpah. Meskipun menjadi salah satu hewan target para predator seperti cheetah, singa, hyena dan juga anjing Afrika, tapi gnus tidak termasuk kedalam spesies terancam punah karena mereka termasuk hewan yang memiliki tingkat reproduksi yang cukup tinggi.

5. Great Kudu

Great Kudu adalah kijang hutan yang hidup di hutan sabana dan juga di lereng berbatu. Mereka dapat ditemukan di seluruh wilayah Afrika bagian Timur dan juga Selatan. Kudu jantan memiliki sebuah tanduk dengan bentuk spiral dan kuda betina tidak memiliki tanduk sama sekali. Hewan yang satu ini berasal dari keluarga Bovidae atau sejenis mamalia berkuku belah. Habitat mereka menurun drastis karena sebuah penggundulan hutan dan perburuan liar.

6. Mandrill

Mandrill merupakan sebuah spesies monyet terbesar dan yang paling berwarna di dunia. Primata ini mempunyai bulu abu-abu gelap dan perutnya yang berwarna putih. Yang paling menonjol dari hewan ini adalah warna cerah yang ada di bagian wajah dan di belakang tubuhnya. Mandrill adalah salah satu hewan yang dapat ditemukan di Kongo, Kamerun, Gabon dan juga Guinea Ekuatorial. IUCN mencatat jika mandrill sebagai hewan yang rentan terhadap kepunahan.

7. Lemur

Lemur adalah sebuah primata unik yang hidup di pulau Madagaskar di wilayah pantai timur Afrika Selatan. Disana terdapat sekitar 30 spesies Lemur yang menjadi endemik di Madagaskar. Lemur mempunyai indra pendengaran dan juga penciuman yang sangat baik, selain itu mereka juga mereka termasuk ke dalam jenis hewan yang cerdas.

Lemur disebut juga sebagai pencipta dan pemelihara hutan karena mereka sendiri menyebarkan kotoran yang berupa biji dari buah-buahan yang mereka makan yang menjadi pupuk alami.

8. Grey Crowned Crane

Grey Crowned Crane adalah sebuah burung endemik Afrika yang biasanya mereka hidup di padang rumput dan lahan basah di dalam wilayah Afrika Timur dan Selatan. Burung cantik yang satu ini menjadi burung nasional negara Uganda dan ditampilkan sebagai sebuah lambang negara di bendera negara tersebut. Kini populasi grey crowned crane menjadi semakin menurun karena terjadinya sebuah degradasi habitat oleh manusia, perdagangan untuk dijadikan hewan peliharaan dan juga untuk pestisida yang banyak membunuh serangga yang menjadi makanan dari burung ini.

9. Cape Buffalo

Cape Buffalo atau yang juga dikenal dengan nama African Buffalo ini merupakan salah satu dari jenis sapi berukuran raksasa. Spesies dengan nama latin Syncerus Caffer ini terkenal sangat perkasa jika dilihat dari kekuatan yang dimilikinya. Hal ini juga tentunya didukung dengan tinggi bahu hewan yang satu ini mempunyai tinggi berkisar antara 1-1,7 meter. Selain itu, salah satu dari hewan menawan ini juga mempunyai panjang tubuh dan juga kepala yang berkisar antara 1,7-3,4 meter. Hewan yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang cukup besar dengan bobotnya yang mencapai 500-1000 kg.

Demikian itulah beberapa satwa endemik yang ada di Afrika Selatan, beberapa satwa tersebut sudah berada di ambang kepunahan. Karena maraknya perburuan liar dan juga berkurangnya habitat asli tempat tinggal mereka. Negara Afrika menjadi rumah bagi banyak hewan yang sudah seharusnya kita jaga. Dengan mengetahui berbagai spesies hewan menawan yang hidup di Afrika maka dapat membuat kita menjadi lebih terbuka wawasannya. Ternyata, keanekaragaman hayati yang melimpah tidak hanya ada di Indonesia dan juga sekitarnya saja, tetapi jauh lebih dari itu. Terimakasih

Comments are Disabled