Suku-suku di Afrika yang Inspirasi Film ‘Black Panther’

Banyak yang tentunya mengatakan tentang ‘Black Panther’ film yang merupakan besutan dari Marvel ini adalah sebuah film yang mewakili keberadaan suku-suku di Afrika. Penasaran suku apa saja ya yang ada di Afrika dan masuk ke dalam film tersebut ? Dalam artikel ini akan dibahas beberapa suku yang ada dalam film  ‘Black Panther’. Film yang dimana bersetting di Wakanda, tempat fiksi yang letaknya berada di Afrika ini, tentunya banyak mengandung unsur budaya. Mulai dari  kostum yang ada, kebiasaan, ritual, dan juga tentang karakter yang dimiliki oleh para pemainnya. Seperti yang telah diungkapkan oleh perancang kostum dari pemain Black Panther, dirinya mengungkapkan bahwa dia memadukan 10 suku yang ada di Afrika. Dan dirinya yang juga harus berkunjung langsung ke Afrika Untuk dapat melihat langsung bagaimana budaya dan juga bagaimana orang-orang hidup di Afrika.

Suku-suku di Afrika yang Inspirasi Film ‘Black Panther’

Dalam wawancaranya, tersebut dimana Carter juga mengungkap suku-suku yang ternyata paling berpengaruh di dalam pembuatan ‘Black Panther’.Africa sendiri yang diketahui memiliki lebih dari 3.000 suku dengan keberagamannya macam budayanya mulai dari bahasa, budaya dan juga tradisi. Mereka yang dimana memiliki sebuah tolak ukur bahagia, kecantikan dengan sebuah cara yang unik. Salah satunya yaitu adalah dengan menggunakan make up wajah, atau tepatnya biasanya wajah yang mereka yang akan dilukis dengan menggunakan sebuah cat. Mereka yang dimana bisanya juga akan memiliki beragam motif untuk menunjukan sebuah identitas suku mereka. Tujuan dari lukis wajah tersebut yang dimana diantaranya digunakan untuk sebuah ritual, berburu, untuk keperluan agama, militer dan juga untuk dapat menakuti musuh. Lukis yang juga akan menjadi sebuah status dalam menunjukan sebuah budaya yang kuat. Adapun juga suku-suku Afrika yang berada di dalam film Black Panther dan ternyata ada dan hidup di dunia nyata adalah sebagai berikut. 

Suku Dogon di Afrika Barat

Salah satu suku yang ternyata sangat berpengaruh di dalam film ‘Black Panther’ yaitu adalah Suku Dogon yang hidup di Mali, di wilayah Afrika Barat. Suku ini, yang berciri khas dengan memiliki berbagai topeng yang unik untuk dapat menutupi wajah. Topeng ini dimana juga menjadi sebuah bagian budaya Dogon yang dimana menunjukan sebuah keagungan terhadap nenek moyang mereka. Suku Dogon sendiri yang dimana merupakan sebuah suku yang dikenal dengan sebuah kemampuan astronomi mereka. Mereka yang dimana menjadi sebuah suku yang dapat mampu menghitung dengan akurat peristiwa kosmologi dan juga menghitung orbit-orbit bintang kuno.

Suku Himba di Namibia

Salah satu pimpinan lima suku yang dimana ada dan dipimpin Black Panther yang mempunyai sebuah rambut gimbal yang seperti ditutupi oleh tanah liat yang berwarna merah. Adapun suku yang juga memiliki sebuah tradisi melindungi rambut mereka dengan cara seperti itu yaitu adalah Suku Himba. Suku ini sendiri adalah sebuah suku yang hidup di Kaokolad, Namibia. Jika di dalam film tersebut yang dilihat berambut gimbal yaitu adalah kaum laki-laki, namun sejatinya yang asli berambut merah di Afrika adalah para perempuan.

Apabila perempuan yang dimana telah memasuki sebuah masa pubertas, maka perempuan tersebut yang harus menggunakan otjiza. Otjiza adalah sebuah campuran tanah berwarna merah dengan menggunakan lemak yang nantinya akan dioleskan ke rambut para perempuan. Tidak hanya rambut saja, perhiasan dan juga biasanya seluruh badan para perempuan Hemba yang nantinya juga akan dioleskan lumpur berwarna merah ini. Tujuannya yaitu adalah sebagai pelindung dari teriknya matahari dan juga dari serangan serangga.

Suku Suri di Ethiopia

Ingat sebuah adegan dimana T’Challa yang merupakan sang Raja Wakanda yang bertarung dengan Erik Killmonger untuk dapat merebut tahta menjadi seorang raja? Mereka yang dimana bertarung satu lawan satu menggunakan sebuah tongkat. Pertarungan mereka ini ternyata ada dan di lakukan di dunia nyata,oleh Suku Suri. Namun, di dunia nyata, dimana Suku Suri yang tidak bertarung untuk merebut sebuah tahta, namun pria Suri yang biasanya akan bertarung untuk merebutkan seorang wanita. Pertarungan ini yang disebut dengan tradisi Donga, dimana dua pria nantinya akan saling berkelahi menggunakan sebuah tongkat tanpa mengenakan pakaian, bertarung sampai salah satunya ada yang menyerah, bahkan ada yang sampai mati.

Suku Mursi di Ethiopia

Satu diantara lima suku yang ternyata ada dan dipimpin Black Panther, pimpinannya yang dimana memiliki sebuah piringan bundar di bibirnya. Di dunia nyata sendiri, suku yang juga memiliki sebuah tradisi unik untuk dapat melobangkan bibir mereka, dan kemudian mereka yang akan mengisi lubang tersebut dengan sebuah piringan bundar yaitu adalah Suku Mursi. Adapun yang nantinya akan melakukan tradisi tersebut adalah wanita Mursi yang biasanya telah memasuki usia pubertas. Bibir mereka yang nantinya akan ditarik dan akan dilubangi dengan sebuah pisau kecil. Semakin bertambahnya usia mereka, diameter piringan tersebut yang nantinya juga akan semakin besar. Bagi wanita Mursi, tradisi yang dilakukan melubangi bibir ini sebagai salah satu dari tolak ukur kecantikan yang ada di sana. Semakin besar diameter piringannya, maka akan di anggap semakin cantik.

Suku Masai di Afrika Timur

Di dalam film Black Panther, juga terdapat beberapa prajurit perempuan botak yang menggunakan kalung logam yang dimana, kalung tersebut digunakan untuk memenuhi leher mereka. Adapun di dunia nyata dimana perempuan botak yang memiliki kalung dengan beragam bentuk ini yaitu adalah sebuah wanita dari Suku Maasai. Suku Maasai adalah sebuah suku yang terkenal sebagai suku terkuat di Afrika. Para laki-lakinya yang ada di suku ini berburu singa! Semua para pria Suku Maasai,  ketika dirinya begitu beranjak dewasa biasanya akan menjadi Empikas alias seorang prajurit. Mereka yang nantinya juga akan siap menjaga wilayahnya, dengan senjata mereka yaitu berupa tombak dan juga berburu hewan demi keberlangsungan hidup untuk keluarganya.

Di dalam film Black Panther, suku ini yang dimana diperlihatkan juga di karakter prajurit mereka yang menjaga perbatasan. Ciri khas dari suku ini sendiri yaitu adalah para pria yang akan mengenakan jubah dengan beragam corak. Dalam Black Panther, yang dimana dapat kita lihat sebagian besar dari orang-orang yang nantinya wajahnya akan dilukis. Beda lukisan wajah dan juga warnanya tergantung dari siapa dia dan juga apa jabatan di kaumnya. 

Itulah beberapa suku-suku yang terlibat di dalam film Black Panther. Masih banyak juga unsur budaya yang sangat kaya yang dimiliki Afrika yang tentunya bisa anda nikmati jika anda berkunjung kesana. Suku-suku di atas yang dimana hanyalah sebagian kecil dari suku yang menginspirasi desainer kostum pemain dalam film Black Panther. Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang suku-suku yang ada di Afrika. Terimakasih. 

Comments are Disabled